Hari Ketujuhbelas: Game

Selasa, 16 Desember, kita kembali berkumpul di Hermitage, datang pagi kita semua langsung menuju ruang meditasi di lantai atas, Thay masuk ke ruangan dan minta kita untuk membuka jendela, karena ruang terlalu kecil dan cukup penggap, kita meditasi bersama kemudian mindfulness movement, setelah itu Thay memberikan ceramah, Thay cerita tentang kehidupan keluarga, suami dan istri, kebahagiaan mereka berdua saling bergantungan, seorang perempuan menikah kepada satu orang suami, tetapi ketika seseorang masuk menjadi anggota sangha monastik maka dia seperti menikah dengan seluruh komunitas sangha monastik, jadi kebahagiaan sangha saling bergantungan pada individu.

Thay juga cerita terjadi kelompok-kelompok orang dalam sangha yang merasa bisa dekat satu sama lainnya, terjadilah sejenis kemelekatan dan pengelompokkan, hal ini lebih sering terjadi di sangha monastik wanita. Kita perlu waspada terhadap hal demikian. Jika seseorang tidak bisa berlatih dengan salah satu anggota sangha monastik, masih banyak anggota sangha monastik lain yang bisa kita ajak berlatih bersama, tersedia begitu banyak sangha monastik.

Setelah selesai ceramah, kita meditasi jalan bersama, selesai meditasi jalan kita olah raga, ngobrol. Kali ini kita main game namanya “Jeopardy”, ada kategori pertanyaan yang harus kita pilih dan jawab, topiknya geografi, sejarah, Thay, dharma, sisters and brothers, setiap kelompok ada nilainya, jadi masing-masing hamlet menjadi satu kelompok, jadi ada 3 kelompok, yaitu Lower Hamlet, Upper Hamlet dan Sonha, kemudian New Hamlet.

Papan Nilai permaian Jeopardi

Papan Nilai permaian jeopardi

Dari pertanyaan-pertanyaan itu membuat saya semakin mengerti tentang Plum Village dan Thay, ada pertanyaan tentang siapakah 5 orang murid pertama Thay? Siapakah kakak beradik yang ditahbiskan oleh Thay? Buku Thay yang berkaitan dengan topik tertentu, Nama kapal besar yang disewa oleh Thay untuk menyelamatkan para manusia perahu vietnam, syair yang digubah oleh Thay untuk mengenang biksu senior di Vietnam, dan sebagainya.

Perwakilan dari masing-masing hamlet

Perwakilan dari masing-masing hamlet

Permainan ini akhirnya dimenangkan oleh Lower Hamlet, dan mereka mendapat kado bunga dekorasi, bunga ini untuk menyambut perayaan hari natal. Sore itu kita makan bersama dan setelah itu pulang ke hamlet masing-masing.

Creative Commons LicenseArtikel ini boleh dikutip sebagian atau seluruhnya dengan tetap mencantumkan nama penulis dan url, tidak dimodifikasi dan non komersial. Karya ini dilindungi oleh lisensi Creative Commons License, kecuali yang tidak disebutkan demikian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>