Namaste

Namaste

Namaste

Namaste merupakan istilah yang dipergunakan masyarakat India untuk memberikan salam kepada seseorang. Zaman sekarang dipergunakan oleh para sahabat dari Hindu juga Buddhis.

Namaste berasal dari bahasa Sanskerta, istilah yang merupakan kombinasi dari “Namaḥ” dengan diberi akhiran “te”, kemudian karakter penghubung “s” yang meluluhkan karakter “h” (sistem tatabahasa Sanskerta yang berkaitan dengan fonologi1 dan morfem2). “Namaḥ” berarti sujud, penuh respek, memberi salam hormat atau memuji, kemudian “te” berarti “Untuk Anda”.

Namaste berarti “Salam hormat kepada Anda”.

1. Bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya
2. Satuan bentuk bahasa terkecil yang mempunyai makna secara relatif stabil dan tidak dapat dibagi atas bagian bermakna yg lebih kecil

Creative Commons LicenseArtikel ini boleh dikutip sebagian atau seluruhnya dengan tetap mencantumkan nama penulis dan url, tidak dimodifikasi dan non komersial. Karya ini dilindungi oleh lisensi Creative Commons License, kecuali yang tidak disebutkan demikian.

One comment on “Namaste

  1. chingik Jan 26, 2014 11:11

    Namaste _/\_

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>