Hari Kelima: Campuran

Hari Kamis tanggal 4 Desember adalah Mindfulness Day di New Hamlet, semua orang berkumpul di sana, meditasi duduk, kemudian gerak badan berkesadaran dipimpin oleh Thay dan kemudian ceramah dharma, makan pagi, setelah itu ada ceramah dari Guru Dharma, makan siang bersama, meditasi jalan bersama Thay, dan istirahat sebentar kemudian diskusi dharma bersama dibagi per kelompok, anggota sangha monastik yang berbahasa inggris bersama, dan ada kelompok vietnam, perancis, dan gabungan.

solidasmountain

I'm solid as a mountain

Meditasi jalan di New Hamlet

Meditasi jalan di New Hamlet

Ternyata banyak sramaneri dari Vietnam yang datang ikut retret musim dingin, mereka dari wihara Prajna di Vietnam Tengah, banyak yang muda-muda dan sangat aktif. Cukup banyak juga sramaneri orang Vietnam yang sudah menjadi warga negara Amerika maupun Canada. Gampang membedakannya, mereka yang datang dari Vietnam umumnya tidak bisa bahasa Inggris, mereka yang datang dari Amerika merupakan orang Vietnam yang berbahasa Inggris lancar, sudah jelas orang tua mereka dulu adalah bekas manusia perahu. Gaya mereka juga sangat bernuansa Amerika.

anak-anak

anak-anak

Creative Commons LicenseArtikel ini boleh dikutip sebagian atau seluruhnya dengan tetap mencantumkan nama penulis dan url, tidak dimodifikasi dan non komersial. Karya ini dilindungi oleh lisensi Creative Commons License, kecuali yang tidak disebutkan demikian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>