Meditasi dan Menolong Sesama

menolong-sesama

Kenapa Buddha pilih untuk meditasi? Bukannya hidup itu dinamis bergerak untuk membantu dan menolong sesama makhluk hidup?

Buddha tidak memilih meditasi atau tidak meditasi; karena meditasi merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari hidup beliau, ketika hidup dengan penuh kesadaran maka itulah meditasi, ketika hidup terhanyut oleh kealpaan maka itu sama saja dengan “hidup tapi sudah mati”.

Beliau pernah melakukan penyepian beberapa tahun di dalam hutan, tentu saja setelah mendapatkan hasil nyata, beliau kembali lagi ke tengah-tengah masyarakat untuk membantu banyak orang lewat ceramah, memberi contoh bagaimana berlatih konkrit, nasihat, hidup harmonis dalam berkomunitas, menyembukan derita, dan sebagainya.

Jadi kita juga bisa demikian, memilih meditasi dan tetap hidup dinamis untuk membantu dan menolong sesama makhluk.

Creative Commons LicenseArtikel ini boleh dikutip sebagian atau seluruhnya dengan tetap mencantumkan nama penulis dan url, tidak dimodifikasi dan non komersial. Karya ini dilindungi oleh lisensi Creative Commons License, kecuali yang tidak disebutkan demikian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>